Pembukaan Praktek Klinik Dasar Kebidanan (PKDK)

Praktek Klinik Dasar Kebidanan (PKDK) adalah Praktek pertama yang akan diikuti oleh mahasiswa Program Studi D-III Kebidanan Akademi Kebidanan Ar-Rahma Pasuruan Semester II Tahun Akademik 2020/2021. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 26 Juli sampai dengan 4 September 2021 di 2 Rumah Sakit  yaitu :

  1. RSU Al Islam H.M. Mawardi Krian Sidoarjo sejumlah 18 Mahasiswa dimana Mahasiswa praktek di ruang anak, neonatus, bersalin dan nifas.
  2. Rumah Sakit Aisyiyah Siti Fatimah Tulangan Sidoarjo sejumlah 18 mahasiswa dimana mahasiswa praktek di ruangan bersalin, nifas, anak dan rawat inap dewasa.

Pembukaan praktek dilaksanakan pada Hari Senin Tanggal 26 Juli 2021 di hadiri oleh Direktur Rumah Sakit, Kepala SDM Rumah Sakit, Kepala Ruangan, CI Ruangan, Dokter, Perawat, Bidan, Direktur Akademi Kebidanan Ar-Rahma, Wakil Direktur III dan Dosen.

Dalam pelaksanaan praktek mahasiswa wajib  menerapkan Protokol Kesehatan Covid 19 dengan memakai Alat Pelindung Diri (APD) Standart Rumah Sakit diantaranya memakai baju Gown/APD, Masker, Faceshield dan sarung tangan.

Kompetensi mahasiswa pada praktek PKDK ini adalah mahasiswa mampu memberikan asuhan dasar sesuai dengan kebutuhan pasien di antaranya memasang infus, NGT, kateter, merawat luka, memandikan pasien, injeksi, memberikan oksigen, memberikan macam-macam obat dan mobilisasi.